DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
Rabu, 19 Oktober 2022
BerbagiTIK,
CalonGuruPenggerakAngkatan5,
DutaTeknologiKemdikbudRistek,
KemdikbudRistek,
MerdekaBelajar,
PembaTIK2022,
PlatformMerdekaMengajar,
PusdatinKemdikbudRistek,
RumahBelajar
Edit
Hasil Analisis Video Praktik Baik Yang Menggambarkan Pemanfaatan Sumber Daya Sekolah Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Murid
PERTANYAAN PEMANDU UNTUK MENGANALISIS VIDEO
- Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
" Mewujudkan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan Dan Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif Dan Kolaboratif "
- Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
" Mewujudkan Kelas Yang Nyaman Dan Menyenangkan Untuk Belajar "
- Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
"Bagaimana Mewujudkan Kelas Yang Nyaman Dan Menyenangkan Untuk Belajar "
- Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
Berikut Link Bagja :
- Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Peran guru di dalam video sebagai pemimpin pembelajaran antara lain adalah :
- Guru melibatkan rekan sejawat dalam merumuskan prakarsa perubahan yaitu murid sebagai pelaksana dalam hal ini guru berperan sebagai manajer dalam kegiatan kolaborasi
- Guru mampu menganalisa, menggambar dan bercerita serta memberdayakan kemampuan murid untuk mewujudkan kelas yang menyenankan.
- Guru mampu mengembangkan komunitas belajar di kelas melalui pendekatan berbasis aset, dimana guru menggali potensi yang ada dan memetakan kekuatan / modal / aset demi mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Aset / Modal Manusia
- Pemangku kepentingan yang selalu dan siap mendukung
- rekan sejawat yang bisa diajak diskusi dan handal dalam merumuskan prakarsa perubahan
- karakteristik siswa yang beragam yang mandiri dan kolaboratif
- Menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan rekan sejawat merumuskan prakarsa peruahan
- bekerjasama dengan kelas lain untuk observasi dan melakukan perbandingan
- Memanfaatkan ruang kelas sebagai media untuk mewujudkan kelas yang menyenangkan sbagai penyemangat belajar
- memanfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal
- memiliki kelas yang luas sehingga leluasa untuk menuangkan ide dan berekreasi
- memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat dan ramah lingkungan untuk menghias kelas
Aset / Modal agama dan budaya
- Memanfaatkan sikap santun dan kerjasama serta semangat gotong-royong siswa untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
Aset / Modal politik
- Kepala sekolah yang siap mendukung setiap perubahan positif yang dilakukan warga sekolah melalui kebijakan - kebijakan yang mengakomodir kepentingan warga sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid
- memiliki dana BOS untuk menunjang setiap kegiatan siswa
0 Response to "DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA"
Posting Komentar