Contoh Kasus Berdasarkan 9 Langkah Pengambilan Keputusan
KASUS 1
Di
salah satu SD “Nusa Bangsa” ada siswa bernama Budi kelas 5 SD, terkenal nakal
dan sering melanggar peraturan sekolah, Budi ini berasal dari keluarga yang
kurang mampu dimana orang tuanya bekerja sebagai buruh tani yang bekerja dari
pagi sampai terbenam matahari. Di lingkungan rumahnya Budi juga terkenal
sebagai anak yang nakal ketika bergaul sesama temannya, di lingkungan rumahnya
Budi pernah tertangkap mencuri hasil tanaman seperti jambu, manggadan rambutan
milik tetangga. Pada Kamis pagi jam pelajaran sekolah, Bu Wati salah satu guru
di SD “Nusa Bangsa” kehilangan uang sekolah sebesar Rp. 3.000.000,00 (Tiga Juta
Rupiah). Pihak sekolah sudah melakukan penyelidikan internal dengan meminta
seluruh wali kelas dikerahkan untuk memeriksa seluruh tas siswanya namun tidak
menemukan pelaku dan uang yang hilang tersebut. Akhirnya Kepala Sekolah
mengambil keputusan menyerahkan permasalahan ini ke pihak yang berwajib.
Setelah hal ini diselidiki oleh pihak kepolisian ditemukanlah bahwa pelakunya
adalah Budi. Pihak kepolisian berkoordinasi dengan Kepala sekolah menyampaikan
hasil penyelidikan ini dikarenakan Budi adalah anak di bawah umur dan pihak
kepolisian menyerahkan kembali permasalahan ini kepada pihak sekolah. Hal ini
menjadi dilema bagi Kepala sekolah dan dewan guru apakah Budi akan dikeluarkan
dari sekolah karena telah melanggar peraturan sekolah yang sangat berat ataukah
tetap dipertahankan bersekolah di SD “Nusa Bangsa”.
9 Langkah Pengambilan
Keputusan
- Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam
studi kasus tersebut?
Nilai – nilai yang bertentangan adalah rasa keadilan dan rasa kasihan
- Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut ?
o Budi
o Guru Kelas
o Kepala Sekolah
o Orang Tua Budi
- Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut
?
o Budi terbukti mencuri uang Rp.
3.000.000,00
o Budi adalah siswa kelas atas SD
“Nusa Bangsa” yang masih Panjang masa depannya
- Mari kita lakukan pengujian benar atau salah
terhadap situasi tersebut.
o
Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi
tersebut? (Uji legal)
Ya,
Ada telah mencuri dan melakukan pelanggaran
o
Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam
kasus tersebut? (Uji regulasi)
Tidak
ada
o
Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang
salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)
Ya ada, Perasaan pihak sekolah merasa kasihan apabila
Budi dikeluarkan dan tidak dibina di SD “Nusa Bangsa” dikhawatirkan Budi akan
putus sekolah tidak melanjutkan dan seperti apa nanti masa depannya
o
Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan
di media cetak/elektronik maupun viral di media sosial? Apakah anda merasa
nyaman? (Uji Publikasi)
Tidak merasa nyaman baik untuk siswa, orang tua siswa dan pihak sekolah
apabila hal ini dipublikasikan.
o
Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh sekolah Anda dalam situasi ini?
Dengan pertimbangan bahwa Budi adalah siswa kelas atas dan pertimbangan
lainnya maka pihak sekolah memutuskan Budi tetap melanjutkan sekolahnya di SD
“Nusa Bangsa”
- Jika situasinya adalah situasi dilema etika,
paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?
Paradigma rasa keadilan dan rasa kasihan
- Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip
mana yang akan dipakai?
Prinsip berpikir berbasis peduli
- Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif
dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini
(Investigasi Opsi Trilemma)?
Ya ada, yaitu dengan memberikan efek jera berupa pembinaan yaitu dengan
memanggil Budi, orang tuanya, dan pihak berwajib ke sekolah bersama-sama
menasehati dan membina Budi bahwa jika mengulangi hal ini lagi maka pihak
polisi benar-benar akan memasukannya ke dalam penjara dan tidak bisa
melanjutkan sekolahnya di SD “Nusa Bangsa”
- Apa keputusan yang akan Anda ambil?
Keputusan yang diambil pihak sekolah yaitu Budi tetap bersekolah di SD
“Nusa Bangsa dan wali kelas melakukan restitusi segitiga kepada Budi.
- Coba lihat lagi keputusan Anda dan
refleksikan.
Keptusan yang diambil pihak sekolah sudah sangat bagus dan relevan berdasarkan
pengambilan keputusan berpihak pada murid, yang bertanggung jawab dan memuat
kebajikan universal
0 Response to "Contoh Kasus Berdasarkan 9 Langkah Pengambilan Keputusan "
Posting Komentar