SHERLYWATY SMA N 5 KOTA BENGKULU

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DAN PEMBATIK KEMDIKBUDRISTEK

SAHABAT RUMAH BELAJAR KOTA BENGKULU LEVEL 4 TAHUN 2022

https://drive.google.com/file/d/1PLdLhgse_Z1CRvQwssCxD854208d2gUf/view?usp=share_link

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID

Ko Kurikuler "Gen Ki Hajar SMANLI"



  • Konsep Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara
Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara didasarkan pada asas kemerdekaan, memiliki arti bahwa manusia diberi kebebasan dari Tuhan yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan dengan aturan yang ada di masyarakat. Maka dari hal itu, diharapkan seorang peserta didik harus memiliki jiwa merdeka dalam artian merdeka secara lahir dan batin serta tenaganya. mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental , jasmani dan rohani.

  • Latar Belakang

Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, & SMK/MAK, untuk berfikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan ini merupakan program dari Pusdatin KemdikbudRistek yang berlangsung dari bulan Juli sampai Oktober setiap tahunnya. Kegiatan ini terdiri atas 3 level yaitu :
  1. Basic : Setiap tim mengerjakan 20 butir soal dalam waktu maksimal 90 menit. 20 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi masuk ke tahap intermediate.
  2. Intermediate : 20 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi mengerjakan 20 butir soal dalam waktu maksimal 90 menit. 2 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi akan masuk ke tahap final.
  3. Final : 2 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi akan mengikuti 2 tahapan di babak final, yaitu Video Tematik dan Presentasi

  • Tujuan Program Kegiatan Ko Kurikuler Gen Ki Hajar Smanli :

  1. Wadah untuk menyalurkan bakat dan minat siswa bidang technologi dan IPA serta matematika
  2. Pembentukan karakter kepemimpinan siswa
  3. mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan memiliki kompetensi abad 21
  4. pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari

  • Komponen Profil Pelajar Pancasila Yang Dikembangkan dalam program ini adalah 

  1. Bergotong royong, kepemimpinan murid yang mampu melakukan Kerjasama yang baik dengan temannya dikarenakan lomba Ki Hajar STEM ini adalah tim.
  2. Bernalar Kritis, kepemimpinan murid yang menumbuhkan rasa tanggung jawab mengontrol emosional diri sebagai kekuatan positif dalam pembelajaran. Pada kegiatan ki hajar STEM ini siswa membuat suatu projek yang berbasis STEM
  3. Kreatif, kepemimpinan murid dengan mengekspos pengalaman kemampuan murid dalam bentuk produk yang kreatif dan inovatif, dimana nanti pada kegiatan ki hajar STEM ini pada tahap final siswa akan membuat video tematik dan presentasi.
  4. Mandiri, kepemimpinan murid menumbuhkan rasa tanggung jawab, mengontrol emosi diri sebagai kekuatan positif dalam pembelajaran, mandiri pada kegiatan ini ada 3 tahapan yaitu basic, intermediate dan final jadi waktu pelaksanaan kegiatan ini memang relative lama.


  • Karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid yang dikembangkan adalah :
  1. Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi social
  2. Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademik
  3. Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehinga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri.

  • Prakarsa Perubahan : "Mewujudkan Gen Ki Hajar Berkarakter Dan  Kompetitif"















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID"

Posting Komentar