SHERLYWATY SMA N 5 KOTA BENGKULU

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DAN PEMBATIK KEMDIKBUDRISTEK

SAHABAT RUMAH BELAJAR KOTA BENGKULU LEVEL 4 TAHUN 2022

https://drive.google.com/file/d/1PLdLhgse_Z1CRvQwssCxD854208d2gUf/view?usp=share_link

Aksi Nyata Modul 3.3 Program Yang Berdampak Positif Pada Murid



Penulis    : Sherlywaty, M.Pd
Sekolah   : SMA Negeri 5 Kota Bengkulu
Program : KoKurikuler Gen Ki Hajar SMANLI

Tujuan Kegiatan
  • Wadah untuk menyalurkan bakat dan minat siswa bidang technologi dan IPA serta matematika
  • Pembentukan karakter kepemimpinan siswa
  • mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan memiliki kompetensi abad 21
  • pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari melalui pembelajaran berbasis STEM
Tahapan BAGJA ( Hanya B = Buat Pertanyaan & A = Ambil Pelajaran)


FACT (PERISTIWA)

Latar Belakang

        Ki Hajar Dewantara mengemukakan anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu, sehingga guru harus mampu melihat bakat, minat, kreatifitas anak dan apa yang dibutuhkan anak di dalam pembelajaran sehingga guru bisa mengemas pembelajaran di kelas atau di luar kelas dengan berpusat dan berdampak pada anak.
        Program sekolah yang berdampak pada murid adalah program yang dibuat berdasarkan analisis kebutuhan murid dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar zaman sekarang yaitu keterampilan abad 21 yang berfokus kepada student center. Salah satu program yang sejalan dengan keterampilan ini adalah program literasi.
        Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, & SMK/MAK, untuk berfikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan ini merupakan program dari Pusdatin KemdikbudRistek yang berlangsung dari bulan Juli sampai Oktober setiap tahunnya. Kegiatan ini terdiri atas 3 level yaitu :
  • Basic : Setiap tim mengerjakan 20 butir soal dalam waktu maksimal 90 menit. 20 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi masuk ke tahap intermediate.
  • Intermediate : 20 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi mengerjakan 20 butir soal dalam waktu maksimal 90 menit. 2 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi akan masuk ke tahap final.
  • Final : 2 tim terbaik dari setiap jenjang di setiap provinsi akan mengikuti 2 tahapan di babak final, yaitu Video Tematik dan Presentasi
Yang Dilakukan Pada Aksi Nyata
        Pelaksanaan Kokurikuler Gen Ki Hajar SMANLI ini diawali dengan saya memberi ide kepada Kepala Sekolah dengan alasan bahwa kegiatan lomba dari Pusdatin KemdikbudRistek ini diadakan setiap tahun dan dari tahun 2018 siswa SMA Negeri 5 Kota Bengkulu antusias dan selalu ikut kegiatan ini, bahkan selalu mewakili Provinsi Bengkulu di tahap Nasional dan pada tahun 2020 siswi SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Nassywa Dwi Ammara berhasil meraih Jura 1 Terbaik Nasional Lomba Ki Hajar STEM ini.
        Kepala Sekolah meminta saya untuk berkoordinasi dengan wakil kesiswaan terkait dengan pelaksanaan dan jadwal kegiatan Kokurikuler ini. kegiatan Kokurikuler ini akan diadakan 1 minggu sekali sepulang sekolah atau hari sabtu. untuk peserta Kokurikuler ini hanya untuk siswa/siswi kelas X dan XI. dikarenakan dengan adanya tugas aksi nyata modul 3.3 ini maka saya meminta ijin ke kepala sekolah untuk mengumpulkan siswa yang berminat ikut Kokurikuler ini dan alhamdulillah pada Selasa, 15 November 2022 kemaren terkumpulah 21 siswa gabungan kelas X dan XI yang berminat mengikuti Kokurikuler ini. Alhamdulillah jum'at siang, 18 November 2022 kami mulai dengan pertemuan pertama untuk kegiatan kokurikuler Gen Ki Hajar SMANLI ini.

Alasan Melakukan Aksi Nyata

    Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi yang dapat diikuti oleh siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) agar dapat memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math) melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
        “Di program ini para pelajar bisa mengeksplorasi banyak hal baru dan menarik, membuat project-project seru di bidang sains, teknologi, matematika. ”Kihajar STEM diselenggarakan secara daring dan terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu Basic, Intermediate, dan Final. Pada tahap final, 2 tim terbaik dari 4 jenjang di tiap provinsi akan mengikuti tahapan pembuatan Video Tematik berbasis STEM dan presentasi. 

    Gen Kihajar terbaik akan mendapatkan predikat Juara Umum, ter-berpikir kritis, ter-kreatif, ter-komunikatif, dan ter-kolaboratif dari setiap jenjang. Gen Kihajar terbaik akan menjadi agen penggerak pemanfaatan TIK (layanan Pusdatin) untuk pembelajaran di level peserta didik. penerapan model STEM dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar di sekolah akan dapat mengasah keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan berpikir komputasional.

Hasil Dari Aksi Nyata

    Kegiatan Kokurikuler Gen Ki hajar SMANLI ini diawali dengan koordinasi dan penyampaian program kepada Kepala Sekolah, wakil kesiswaan dan beberapa rekan guru (guru biologi, kimia, fisika dan matematika). Kegiatan selanjutnya sosialisasi ke siswa-siswa di kelas dan kegiatan yang dilanjutkan pemetaan kelompok siswa serta penyampaian program.

   Program Kokurikuler Gen Ki Hajar SMANLI ini merupakan wadah eksplorasi bagi siswa untuk berfikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Jumlah anggota Kokurikuler Gen Ki Hajar SMANLI saat ini sudah ada 25 orang siswa dari kelas X dan XI dimana kegiatan ini dilaksanakan 1 minggu sekali sepulang sekolah. siswa - siswi yang mengikuti kokurikuler ini sangat antuasias dan bersemangat.

FEELINGS (PERASAAN)

Perasaan saya ketika melakukan aksi nyata Program yang berdampak pada siswa yaitu Program Kokurikuler Gen Ki Hajar SMANLI awalnya merasa tertantang dan ada pula rasa khawatir program ini tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Tetapi dengan adanya support dan dukungan dari Kepala Sekolah, beberapa teman sejawat dan antusias dari siswa/i kelas X dan XI yang sangat survipe apalagi siswa/i yang dar SMP nya sudah sering atau selalu mengikuti lomba Ki Hajar STEM ini, mereka sangat bahagia dan senang dikarenakan dengan dilaksanakan program ini suara murid dapat didengar dan dilaksanakan dengan ide dan keinginan mereka sehingga bakat dan minat mereka tentang STEM bisa semakin berkembang, apalagi sudah 2 tahun ke belakang ini lomba Ki Hajar STEM ini merupakan kolaborasi kelompok.

Program ini sudah untuk minggu ini sudah dua kali dilaksanakan, alhamdulillah semua berjlaan lancar dan sesuai dengan program serta rencana yang sudah dibuat, dan ini semakin membuat saya makin bersemangat untuk membimbing siswa/i yang mengikuti program ini, semoga untuk tahun ini siswa/i SMA Negeri 5 bisa kembali menjadi Juara1 terbaik Nasional Ki Hajar STEM seperti tahun 2020 yang lalu.

FINDING (PEMBELAJARAN)

    Kegiatan ini banyak memberi pelajaran bagi murid seperti tentang kemandirian, keberanian, bekerjasama dalam tim, kreatifitas dan memunculkan kepemimpinan murid. Selain itu didalam perencanaan, program ini juga meminta suara murid terhadap program apa, pilihan mereka terhadap apa yang mereka ambil. Koordinasi, kolaborasi penting untuk membuat dan menjalankan sebuah program serta kemampuan saya berkoordinasi dengan Kepala sekolah rekan guru dan stake holder terkait mulai meningkat sehingga ada rasa percaya diri untuk mengaktualisasi apa yang menjadi program bagi murid. Setiap program yang dilaksanakan menggunakan alur BAGJA dan melaksankan MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning dan Reporting) Serta menerapkan Manajemen Resiko dalam setiap program yang dilaksankan.

FUTURE (PENERAPAN KE DEPAN)

     Saya berharap bahwa kegiatan Kokurikuler Gen Ki Hajar SMANLI ini bisa terus berjalan aktif dan optimal sehingga bisa memunculkan kepemimpinan murid (students Agency) bisa mengasah keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan berpikir komputasional siswa., Saya juga akan lebih mendengarkan suara dan pilihan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

    Beberapa rencana kegiatan yang akan diterapkan kedepan agar program yang dilaksanakan dapat diterapkan di kegaitan yang lain ataupun sebagai tambahan pengalaman bagi penulis yakni :
1. Melakukan promosi ke kelas-kelas sehingga untuk program ini setidaknya ada perwakilan setiap kelas
2. Mengadakan kegiatan lomba Ki Hajar STEM ini intern SMA Negeri 5 Kota Bengkulu (antar kelas)
3. Kegiatan ini akan berjalan berkelanjutan dengan menerapkan Monitoring dan Evaluasi yang beriringan karena sumber belajar lingkungan siswa sangatlah mendukung proses pembelajaran siswa.

Dokumentasi Kegiatan :

Koordinasi dengan Wakil kesiswaan dan Humas
                                             Koordinasi dengan teman sejawat








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aksi Nyata Modul 3.3 Program Yang Berdampak Positif Pada Murid"

Posting Komentar