SHERLYWATY SMA N 5 KOTA BENGKULU

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DAN PEMBATIK KEMDIKBUDRISTEK

SAHABAT RUMAH BELAJAR KOTA BENGKULU LEVEL 4 TAHUN 2022

https://drive.google.com/file/d/1PLdLhgse_Z1CRvQwssCxD854208d2gUf/view?usp=share_link

RPP Berdiferensiasi dan Ber-KSE


 

Asalamualaikum Bapak / Ibu Guru Hebat Indonesia, Berikut adalah RPP Matematika Materi Program Linear Matematika Wajib Kelas XI.

Tabel Teknik Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional Yang Digunakan

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai

dengan jenjang pendidikan murid)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terintegrasi dalam mata pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesadaran diri - pengenalan emosi

1.    Teknik: Bernafas dengan kesadaran penuh (Mindfulness)

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru memberikan motivasi dan mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan meregangkan otot  badan dan menarik nafas secara dalam- dalam serta mengeluarkannya secara perlahan sebanyak tiga kali agar siswa lebih fokus dalam belajar.

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Peserta didik melakukan peregangan otot dan bernafas melalui hidung dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan

4.    Penjelasan tentang tujuan: Relaksasi dan membuat siswa fokus terhadap proses pembelajaran yang akan mereka ikuti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.    Teknik: Identifikasi Perasaan Menggunakan metode menceritakan tentang  data  dan  fakta  manfaat mempelajari materi program linear.

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru memberikan penjelasan tentang manfaat mempelajari materi program linear yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan menanyakan perasaan siswanya dalam mengikuti proses awal pembelajaran tentang materi program linear

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada            murid: Peserta        didik memperhatikan penjelasan dari guru dan mengungkapkan perasaan mereka sebelum proses pembelajaran dimulai

4.    Penjelasan tentang tujuan: Siswa menjadi lebih fokus terhadap proses belajar yang akan dilalui serta mengetahui manfaat mempelajari materi tentang program linear

 

Kesadaran sosial - keterampilan berempati

1.    Teknik: Kegiatan Komunikasi Aktif  secara berkelompok

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan  guru:      Guru berkomunikasi dengan


 

 

Peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan bimbingan guru, peserta didik membahas hasil diskusi kelompok

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Peserta didik melakukan pembelajaran secara berkelompok dan membahas hasil diskusi kelompok secara bersama-sama.

4.    Penjelasan tentang tujuan: Dalam bekerja sama murid belajar bagaimana bernegosiasi dengan orang lain, mengembangkan kepemimpinan dan mengetahui              kekuatan mereka sendiri sehingga mereka dapat memberikan kontribusi terbaik untuk kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan berhubungan sosial

- daya lenting (resiliensi)

1.    Teknik: Kegiatan Komunikasi Aktif secara berkelompok

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru berkomunikasi dengan Peserta didik pembelajaran dilakukan secara berkelompok. Dengan bimbingan guru, peserta didik membahas hasil diskusi yang telah  dilakukan

3.    Penjelasan tentang tujuan: Dalam bekerja sama murid belajar bagaimana bernegosiasi dengan orang lain, mengembangkan kepemimpinan dan mengetahui              kekuatan mereka sendiri sehingga mereka dapat memberikan kontribusi terbaik untuk kelompok.

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.   Teknik:    kegiatan diskusi      kelompok dan membuat karya

2.   Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

a.   Guru     memberikan              waktu              kepada setiap                   kelompok              mendiskusikan


 

 

hasil refleksi yang ada di Lembar Kerja Pembelajaran Murid (LKPM) dan data hasil praktikum secara daring,

b. Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk membuka referensi materi di E-modul  Matematika Wajib  KD 3.2 untuk SMA Kelas XI

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

4.    Sebagai produk pembelajaran, Murid diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan, apakah berupa tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, video, PPT atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan dan diupload ke youtube

5.    Penjelasan tentang tujuan: pengambilan keputusan yang bertanggungjawab dengan memilih salah satu metode dalam pemilihan laporan praktikum secara mandiri Murid harus benar- benar bertanggungjawab atas pilihannya masing-masing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 5 Kota Bengkulu

Kelas/Semester                         : XI /1 (Ganjil)

Mata Pelajaran                          : Matematika Wajib

Materi Pokok                             : Program Linear

Alokasi Waktu                           : 4 x 45 Menit

 

Kompotensi Dasar               

3.1     Menjelaskan program linear dua variable dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual

4.1   Menyelesaikanmasalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran ini menuntut murid untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya, murid dapat Menentukan nilai fungsi tujuan masing-masing koordinat titik sudut daerah layak/penyelesaian, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

 

B.    SUMBER BELAJAR

1.                                             Kelas digitas berupa Google Classroom , WhaatsApp Grup

2.                                             Buku Guru Matematika Wajib Kelas XI

3.                                             Buku Siswa Matematika Wajib Kelas XI

4.                                             Video Pembelajaran di Chanel YT

5.                                             Modul Pembelajaran FlipBook

 

C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas yaitu salam, berdoa, memberi apersepsi.(Budaya Rutin Sekolah Religius )

Ø  Guru mengecek kehadiran murid

Ø  Guru dan Murid membuat kesepakatan kelas diantaranya:

ü  Guru dan murid saling menghormati dan menghargai

ü  Guru dan murid menonton video pembelajaran

ü  Meminta izin jika ingin meninggalkan kelas

ü  Mengangkat tangan jika ingin bertanya  atau menanggapi

ü  Mendengarkan dengan seksama jika salah satu berbicara

ü  dll

Ø Guru memberikan motivasi dan mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan meregangkan otot badan dan menarik nafas secara dalam-dalam serta mengeluarkannya       secara                                                    perlahan sebanyak tiga kali agar siswa lebih fokus dalam belajar. Lalu Peserta didik melakukan peregangan otot dan bernafas melalui hidung dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan secara rileks (Pengelolaan Emosi Menggunakan Teknik dengan kesadaran penuh)

 

Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Guru Mengingatkan Kembali Materi Yang telah Dipelajari Sebelumnya yaitu tentang menetukan Daerah Penyelesaian pada Program Linear Dua Variabel

Ø   Guru memberikan penjelasan tentang manfaat mempelajari materi program linear yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan menanyakan perasaan siswanya dalam mengikuti proses awal pembelajaran tentang materi program linear ini dan Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru dan mengungkapkan              perasaan mereka    sebelum proses pembelajaran dimulai (Teknik          Identifikasi Perasaan Menggunakan metode menceritakan tentang data dan fakta manfaat materi elektrolisis)

 

 

Kegiatan Inti

Guru memberikan materi ringkas tentang Menetukan Fungsi Tujuan pada masing- masing persamaan/pertidaksamaan dan penyelesaiannya dan. Selanjutnya diminta memahami dan menanggapi.

Langkah-langkah:

1.      Guru membagi siswa dalam kegiatan diskusi (Membentuk karakter kepemimpinan siswa)

1.    Meminta murid untuk memberi tanggapan baik pertanyaan ataupun jawaban terhadap pertanyaan yang muncul dari materi Fungsi Tujuan untuk menentukan nilai maksimum/nilai minimum. (Teknik KSE Kegiatan Komunikasi Aktif secara berkelompok)

Ø  Guru memberi pertanyaan pemantik, berupa: bagaimana prosedur yang dilakukan untuk menentukan nilai maksimum/nilai minum pada sebuah soal cerita

Ø  Guru memberi lembar kerja murid yang telah disematkan di Google Cllasroom

Ø  Memberi kesempatan kepada murid untuk mempresentasikan jawabannya. (Pada tahap ini guru mengajarkan anak tentang kompetensi KSE Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab menggunakan teknik kegiatan diskusi kelompok )

Ø  Guru memberi penugasan yang dapat diakses di Google Classroom

Ø  Guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan kesiapan belajar murid berupa:

1.                               Murid sudah memahami dan mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X diberi perlakuan berupa Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel dan memberi bantuan kepada teman kelas yang membutuhkan

 

2.                               Murid sudah memahami tetapi belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X diberi perlakuan berupa Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi perlakuan berupa Murid diberi soal-soal sederhana yang melibatkan persaman Linear satu variable dan dua variabel hingga murid mampu menyelesaikan soal dan lanjut pada tingkatan soal yang lebih tinggi dari sebelumnya.

3.                               Murid belum memahami dan belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X diberi perlakuan berupa Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi perlakuan berupa Murid diberi konsep dan bentuk umum persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel dan cara menentukan Himpunan Penyelesaian Diminta mendefinisikan dan menunjukkan hasil yang di peroleh dari persamaan dan pertidaksamaan yang diberikan.

(DIFERENSIASI PROSES)

Ø   Guru mendiferensiasi pembelajaran dalam memberikan materi dan tugas/ tagihan dengan mempertimbangkan profil belajar murid, Saat memberikan materi ataupun proses diskusi: guru menyediakan sumber belajar berupa modul atau buku teks yang mereka sudah miliki (menunjukkan halaman berapa materi dimuat), berupa voice note yang diupload ke grup belajar mereka, kemudian diminta mendengarkan dan memberi tanggapan atau pertanyaan, memberikan link YouTube berupa video pembelajran (DIFERENSIASI KONTEN)

Ø   Murid diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan, apakah berupa

tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, video, PPT atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan dan diupload ke youtube. (DIFERENSIASI PRODUK)

 

Kegiatan Penutup

      Guru memberikan umpan balik kepada murid.

      Guru    meminta                     mereka     membuka      materi   sesuai dengan kebutuhan mereka

      Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terima kasih, doa, dsb)

 

 

D.        PENILAIAN

Sikap                         : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.

Pengetahuan          : Menunjukkan pengetahuan tentang Fungsi Tujuan Program

Linear

Keterampilan        : Mendemonstrasikan keterampilan

mempresentasikan jawaban sederhana.

 

Strategi dan Alat Penilaian: Penilaian Sikap

-          Strategi: Observasi

-          Alat: Catatan Anekdot

-           

Nama murid

Waktu

Kejadia n

Uraian

Kejadia n

Positif

/ Negatif

Tind

ak Lanju t

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

-            Strategi: Penugasan

-            Alat: Tugas diupload di Google Classroom

Murid diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan mereka terkait tujuan pembelajaran. Mereka dapat memilih bentuk tagihan apakah berupa tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan.

 

 

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Bengkulu, ..... September 2022

Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Eka Saputra, M.Pd

NIP. 197205172001031001

 

 

 

 

Sherlywaty, M.Pd

NIP. 198405112010012017

 

 

 

 

 

PETUNJUK PENGGUNAAN LKPD

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Bacalah materi pada modul sebelum mengerjakan LKPD. Kalian dapat mencari informasi pada berbagai sumber di youtube

2.        Lengkapi LKPD ini dengan mengisi pada bagian yang kosong.

3.        Isilah identitas kalian di setiap halaman LKPD di tempat yang telah  disediakan.

4.        Hal yang membingungkan dapat didiskusikan pada forum diskusi di

5.        Setelah lengkap dan di diskusikan bersama, LKPD ini difoto dan dikirim ke Google Classroom sesuai  tanggal dan waktu yang ditentukan.


 

 

 

Materi : Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Waktu : 2 Jam Pelajaran


 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI KETERAMPILAN

3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual.

4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan aktivitas pada LKPD ini, peserta didik diharapkan mampu:

1.  Menentukan penyelesaian PtLDV dengan metode uji titik dan melihat tanda ketidaksamaan dengan tepat.

2.  Menyusun PtLDV dari suatu daerah penyelesaian dengan tepat.


     

 

Perhatikanlah contoh conto PtLDV berikut

ДЕТСКИЕ ПОДЕЛКИ

a.  Apakah setiap pertidaaksamaan memiliki dua variabel? jelaskan


b.  Apakah setiap variabel memiliki pangkatsatu? Jelaskan


c.  Berdasarkan pertanyaan a dan b jelaskan apa yang dimaksud dengan pertidaksamaan linear dua variabel?


 

Lakukan langkah langkah menentukan daerah penyelesaian PtLDV 𝑥 + 3𝑦 > 6

berikut.               a. Gambarlah garis pembatas 𝑥 + 3𝑦 = 6 pada bidang kartesius. Perhatikan kembali aturan menggambar garis pembatas pada modul yang telah diberikan.

b.    Pilih sebarang titik (𝑥1 , 𝑦1) di luar garis pembatas sebagai titik uji.

c.    Substitusikan titik (𝑥1 , 𝑦1) ke pertidaksamaan 𝑥 + 3𝑦 > 6 . Jika 𝑥1 + 3𝑦1 > 6 bernilai benar, daerah penyelesaian adalah daerah yang memuat titik tersebut.

Jika 𝑥1 + 3𝑦1 > 6 bernilai salah, daerah penyelesaian adalah daerah yang tidak memuat titik tersebut.

d.  Arsilah Daerah penyelesaian tersebut.

 

 

Text Box: Diskusikanlah soal di bawah ini dengan kelompok kalian

 

 

 

 

 

 

 

Jawaban.


Ayo berlatih

Text Box: Kerjakanlah soal di bawah ini secara mandiri

 


 


 

 

 

 

 

SELAMAT BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT


 

Kegiatan belajar

/ no. soal

Bobot Nilai

KB 1 / no . a

10

KB 1 / no . b

10

KB 1 / no . c

10

KB 2

20

KB 3

30

Total Nilai

80


Bubuhkan angka 1,2,3, atau 4 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No

Nama

Keterampilan

Jumlah Skor

Isian Indikator yang dinilai

 

 

TT

KT

T

ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator

Aspek Penilaian

Skor

Tidak Terampil (TT), jika siswa hanya 25 % dapat menggunakan konsep pertidaksamaan linear dua

variabel dalam menyelesaian soal

1

Kurang Terampil (KT), jika siswa hanya 50% dapat menggunakan konsep pertidaksamaan linear dua variabel dalam menyelesaian soal

2

Terampil (T), jika siswa hanya 75% dapat menggunakan konsep pertidaksamaan linear dua variabel dalam menyelesaian soal

3

Sangat Terampil (ST),   jika siswa 100% dapat menggunakan konsep pertidaksamaan linear dua

variabel dalam menyelesaian soal

4

 

Skor Penilaian Ketrampilan

 

Skor

Hasil Pengamatan

Nilai

Predikat

4

SangatTerampil (ST)

80 – 100

Sangat baik

3

KurangTerampil (KT)

75 79

Baik

2

KurangTerampil (KT)

60 74

Cukup

1

TidakTerampil (TT)

Kurang dari 60

Kurang


 

Materi : Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Waktu : 2 Jam Pelajaran


 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI KETERAMPILAN

3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual.

4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan aktivitas pada LKPD ini, peserta didik diharapkan mampu:

1.  Menentukan daerah penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel dengan metode uji titik atau melihat tanda ketidaksamaan.


 

    

 

 


Perhatikanlah contoh contoh SPtLDV berikut

 

𝑥 + 𝑦 < 2

a.                                                                                                                               b.

𝑥 2𝑦 4


 

3𝑥 + 𝑦 4

𝑥 4𝑦 < 8

𝑥 2


 

 

1.  Apakah setiap SPtLDV terdiri atas dua atau lebih PtLDV?


 

2. 


Apakah variabel pada setiap PtLDV sama ?

3.  Berdasarkan pertanyaan no 1 dan 2, jelaskan apa yang dimaksud dengan SPtLDV



        

 


 


Ayo berlatih

 


 

 

 

 

 

 

Text Box: Kerjakanlah soal di bawah ini secara mandiri

 

 

https://fileedumatik.files.wordpress.com/2020/08/contoh-soal-menentukan-sistem-pertidaksamaan-3.pngDengan mengingat kembali cara menentukan suatu pertidaksamaan dari suatu daerah, Lengkapilah penyelesaian di bawah ini.


 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

60 = 6𝑥 + 10𝑦

 

Perhatikan daerah penyelesaian, ambil sebarang titik (0,0) pada DP Substitusikan ke 6𝑥 + 10𝑦 .60

6(0) + 10(0) .60

0 .60  𝑏𝑢𝑎𝑡 𝑝𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑡𝑎𝑎𝑛 𝑎𝑔𝑎𝑟 𝑏𝑒𝑟𝑛𝑏𝑏𝑙𝑎𝑏𝑏 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟

pertidaksamaan linearnya adalah……

 


Persamaan garis l

Persamaan garis melalui 2 titik =   𝑦−𝑦1

𝑦2−𝑦1


= 𝑥−𝑥1

𝑥2−𝑥1


 


𝑦−0

−4−⋯


= 𝑥−2

…−2


𝑦  = 𝑥−2

−4           −2

 

𝑦 = −4(𝑥 2)

−2𝑦 = −4𝑥 +

4𝑥 2𝑦 =

 

Perhatikan daerah penyelesaian, ambil sebarang titik (0,0) pada DP Substitusikan ke 4𝑥 2𝑦 8

4(0)  2(0) .8

0 .8  𝑏𝑢𝑎𝑡 𝑝𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑡𝑎𝑎𝑛 𝑎𝑔𝑎𝑟 𝑏𝑒𝑟𝑛𝑏𝑏𝑙𝑎𝑏𝑏 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟

pertidaksamaan linearnya adalah……

Jadi sistem pertidaksamaan linearnya adalah….

 

𝑥 0 , 𝑦 0


 

SELAMAT BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT


 

Kegiatan belajar

/ no. soal

Bobot Nilai

KB 1 / no . 1

10

KB 1 / no . 2

10

KB 1 / no . 3

10

KB 2

20

KB 3

30

Total Nilai

80


Bubuhkan angka 1,2,3, atau 4 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No

Nama

Keterampilan

Jumlah Skor

Isian Indikator yang dinilai

 

 

TT

KT

T

ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator

Aspek Penilaian

Skor

Tidak Terampil (TT), jika siswa hanya 25 % dapat menggunakan konsep SPtLDV dalam menyelesaian

soal

1

Kurang   Terampil   (KT),       jika siswa hanya 50% dapat menggunakan konsep SPtLDV dalam menyelesaian soal

2

Terampil (T), jika siswa hanya 75% dapat menggunakan konsep SPtLDV menyelesaian soal

3

Sangat Terampil (ST), jika siswa 100% dapat menggunakan konsep SPtLDV dalam menyelesaian soal

4

 

Skor Penilaian Ketrampilan

 

Skor

Hasil Pengamatan

Nilai

Predikat

4

SangatTerampil (ST)

80 – 100

Sangat baik

3

KurangTerampil (KT)

75 79

Baik

2

KurangTerampil (KT)

60 74

Cukup

1

TidakTerampil (TT)

Kurang dari 60

Kurang


 

Materi : Program Linear Waktu : 2 Jam Pelajaran


 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI KETERAMPILAN

3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual.

4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan aktivitas pada LKPD ini, peserta didik diharapkan mampu:

1.  Membuat model matematika dari suatu permasalahan.

2.  Menentukan nilai optimum .


    

 

 

Pertanyaan.

a.   


Apa yang dapat kalian ketahui dari permasalah di atas?

b.  Bagaimana langkah menyelesaikan permasalah tersebut?

c. 


Apa yang dimaksud dengan model matematika dan fungsi tujuan?


      

 

 

Selesaikan permasalahan di atas dengan mengisi langkah – langkah berikut

 

 

 

Model matematikanya Misal:

Model pertama =… Model kedua = .

Pertidaksamaan untuk kain wol = …… Pertidaksamaan unuk kain satin = ….

𝑥 0

𝑦 0

Persamaan Nilai Optimumnya =

Langkah langkah menggambar daerah penyelesaiannya



 

 

SELAMAT BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT


 

Kegiatan belajar

/ no. soal

Bobot Nilai

KB 1 / no . a

10

KB 1 / no . b

10

KB 1 / no . c

10

KB 2

50

Total Nilai

80


Bubuhkan angka 1,2,3, atau 4 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No

Nama

Keterampilan

Jumlah Skor

Isian Indikator yang dinilai

 

 

TT

KT

T

ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator

Aspek Penilaian

Skor

Tidak Terampil (TT), jika siswa hanya 25 % dapat menggunakan konsep program linear dalam menyelesaian soal

1

Kurang Terampil (KT), jika siswa hanya 50% dapat menggunakan konsep program linear dalam menyelesaian soal

2

Terampil (T), jika siswa hanya 75% dapat menggunakan konsep program linear menyelesaian soal

3

Sangat Terampil (ST),      jika siswa 100% dapat menggunakan konsep program linear dalam

menyelesaian soal

4

 

Skor Penilaian Ketrampilan

 

Skor

Hasil Pengamatan

Nilai

Predikat

4

SangatTerampil (ST)

80 – 100

Sangat baik

3

KurangTerampil (KT)

75 79

Baik

2

KurangTerampil (KT)

60 74

Cukup

1

TidakTerampil (TT)

Kurang dari 60

Kurang

 

 

 


PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR

(SISWA/I KELAS XI MIPA 5)

A.    Berdasarkan kesiapan belajar

Tujuan Pembelajaran:     murid dapat Menentukan nilai fungsi tujuan masing-masing koordinat titik sudut daerah layak/penyelesaian

 

Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar Murid

Kesiapan

belajar (Readine ss)

Murid sudah memahami dan mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana,

,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada

materi Kelas X

Murid sudah memahami tetapi belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana,

,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X

Murid belum memahami dan belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana,

,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada

materi Kelas X

Nama Murid

 

 

 

Proses

Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel dan memberi bantuan kepada teman kelas yang membutuhkan

Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi perlakuan berupa Murid diberi soal-soal sederhana yang melibatkan persaman Linear satu variable dan dua variabel hingga murid mampu

menyelesaikan soal dan lanjut pada tingkatan soal yang lebh tinggi dari sebelumnya

Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi perlakuan berupa Murid diberi konsep dan bentuk umum

persamaan dan pertidaksamaan LDV dan cara menentukan HP


B.     Berdasarkan Gaya Belajar

C.  Tujuan    Pembelajaran   :    murid dapat Menentukan nilai fungsi tujuan masing- masing koordinat titik sudut daerah layak/penyelesaian

 

Tabel 2. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Murid

Profil

Belaja r Murid

Sumber belajar,  tagihan berupa Teks,  gambar (Visual)

Sumber belajar, tagihan berupa Voice note,rekaman (Audio)

Sumber belajar, tagihan berupa Rekaman Video,

Video Conference

Nama Murid

 

 

 

 

Proses

Saat memberikan materi

Saat memberikan

Saat memberikan

 

ataupun proses diskusi,

materi ataupun proses

materi ataupun proses

 

guru menyediakan

diskusi, guru memberi

diskusi, guru

 

sumber belajar berupa modul dan buku teks

Penjelasan lalu meminta siswa memberikan tanggapan atau pertanyaan

memberikan link youtube.

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk

Murid diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan mereka terkait tujuan pembelajaran. Mereka dapat memilih bentuk tagihan apakah berupa tulisan yang mereka upload dalam bentuk pdf, atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekama suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan.

 

 

                       

 

 

Mengetahui,

 

 

Bengkulu, ..... September 2022

Kepala Sekolah          

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Eka Saputra, M.Pd

NIP. 197205172001031001

 

 

 

 

Sherlywaty, M.Pd

NIP. 198405112010012017

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Berdiferensiasi dan Ber-KSE"

Posting Komentar