RPP Berdiferensiasi dan Ber-KSE
Asalamualaikum Bapak / Ibu Guru Hebat Indonesia, Berikut adalah RPP Matematika Materi Program Linear Matematika Wajib Kelas XI.
Tabel Teknik Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional Yang Digunakan
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
Terintegrasi dalam mata pelajaran |
Kesadaran diri - pengenalan emosi |
1.
Teknik: Bernafas dengan kesadaran penuh
(Mindfulness) 2.
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:
Guru memberikan motivasi dan mengajak peserta
didik untuk melakukan kegiatan meregangkan otot
badan dan menarik
nafas secara dalam- dalam serta
mengeluarkannya secara perlahan sebanyak tiga kali agar siswa lebih
fokus dalam belajar. 3.
Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Peserta
didik melakukan peregangan otot dan bernafas melalui hidung dan
mengeluarkannya secara perlahan-lahan 4.
Penjelasan tentang tujuan: Relaksasi dan membuat siswa fokus terhadap proses pembelajaran yang akan mereka ikuti. |
Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Identifikasi Perasaan Menggunakan metode
menceritakan tentang data
dan
fakta
manfaat mempelajari materi program linear. 2.
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:
Guru memberikan penjelasan tentang manfaat mempelajari materi program linear yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan menanyakan perasaan siswanya dalam mengikuti proses awal pembelajaran tentang materi program
linear 3.
Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Peserta didik
memperhatikan penjelasan dari
guru dan mengungkapkan perasaan mereka sebelum proses pembelajaran dimulai 4.
Penjelasan tentang tujuan: Siswa menjadi lebih
fokus terhadap proses
belajar yang akan
dilalui serta mengetahui manfaat mempelajari materi
tentang program linear |
|
Kesadaran sosial
- keterampilan berempati |
1.
Teknik: Kegiatan Komunikasi Aktif secara berkelompok 2.
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru berkomunikasi dengan |
|
|
Peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan bimbingan guru,
peserta didik membahas hasil diskusi kelompok 3.
Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Peserta
didik melakukan pembelajaran secara berkelompok dan membahas hasil
diskusi kelompok secara bersama-sama. 4.
Penjelasan tentang tujuan:
Dalam bekerja sama murid belajar
bagaimana bernegosiasi dengan
orang lain, mengembangkan kepemimpinan dan mengetahui kekuatan mereka sendiri sehingga mereka
dapat memberikan kontribusi terbaik untuk kelompok |
Keterampilan berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi) |
1. Teknik: Kegiatan Komunikasi Aktif secara berkelompok 2.
Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:
Guru berkomunikasi dengan
Peserta didik pembelajaran dilakukan secara
berkelompok. Dengan bimbingan guru,
peserta didik membahas hasil diskusi yang telah dilakukan 3.
Penjelasan tentang tujuan:
Dalam bekerja sama murid
belajar bagaimana bernegosiasi dengan
orang lain, mengembangkan kepemimpinan dan mengetahui kekuatan mereka sendiri sehingga mereka
dapat memberikan kontribusi terbaik untuk kelompok. |
|
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab |
1.
Teknik: kegiatan diskusi kelompok dan
membuat karya 2.
Penjelasan
tentang apa yang
dilakukan guru: a. Guru memberikan waktu kepada
setiap kelompok mendiskusikan |
|
|
hasil refleksi yang ada di Lembar Kerja
Pembelajaran Murid (LKPM)
dan data hasil
praktikum secara daring, b. Guru menginstruksikan kepada peserta didik
untuk membuka referensi materi di E-modul
Matematika Wajib KD 3.2 untuk SMA Kelas XI 3.
Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: 4.
Sebagai produk pembelajaran, Murid diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan,
apakah berupa tulisan yang mereka
upload dalam bentuk pdf, video, PPT atau berupa
infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi,
berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal,
atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan dan diupload ke youtube 5.
Penjelasan tentang tujuan: pengambilan keputusan yang bertanggungjawab dengan
memilih salah satu
metode dalam pemilihan laporan praktikum secara
mandiri Murid harus
benar- benar bertanggungjawab atas pilihannya masing-masing |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Kota Bengkulu
Kelas/Semester : XI /1 (Ganjil)
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Materi Pokok : Program
Linear
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
Kompotensi Dasar
3.1 Menjelaskan program linear dua variable dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah
kontekstual
4.1 Menyelesaikanmasalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran ini menuntut murid untuk mengamati (membaca)
permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya,
murid dapat Menentukan nilai
fungsi tujuan masing-masing koordinat titik sudut daerah layak/penyelesaian, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung
jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun,
percaya diri dan pantang menyerah,
serta memiliki sikap responsif (berpikir
kritis) dan pro-aktif
(kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan
baik
B.
SUMBER BELAJAR
1.
Kelas digitas berupa Google Classroom , WhaatsApp Grup
2.
Buku Guru Matematika Wajib Kelas XI
3.
Buku Siswa Matematika Wajib Kelas XI
4.
Video Pembelajaran di Chanel YT
5.
Modul Pembelajaran FlipBook
C.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Ø
Guru memulai
dengan kegiatan rutin membuka kelas yaitu salam, berdoa, memberi
apersepsi.(Budaya Rutin Sekolah
Religius )
Ø
Guru mengecek
kehadiran murid
Ø Guru dan Murid membuat
kesepakatan kelas diantaranya:
ü Guru dan murid saling
menghormati dan menghargai
ü Guru dan murid menonton
video pembelajaran
ü Meminta izin jika ingin meninggalkan kelas
ü Mengangkat tangan
jika ingin bertanya atau menanggapi
ü Mendengarkan dengan
seksama jika salah satu berbicara
ü dll
Ø Guru
memberikan motivasi dan mengajak peserta didik untuk melakukan
kegiatan meregangkan otot badan dan menarik nafas secara dalam-dalam serta mengeluarkannya secara perlahan sebanyak tiga kali agar siswa lebih
fokus dalam belajar. Lalu Peserta
didik melakukan peregangan otot dan bernafas
melalui hidung dan mengeluarkannya secara
perlahan-lahan secara rileks (Pengelolaan Emosi
Menggunakan Teknik dengan
kesadaran penuh)
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Ø
Guru Mengingatkan Kembali Materi Yang telah Dipelajari Sebelumnya yaitu tentang menetukan Daerah Penyelesaian pada Program Linear Dua Variabel
Ø
Guru memberikan penjelasan tentang manfaat mempelajari materi program linear yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan menanyakan perasaan
siswanya dalam mengikuti proses awal pembelajaran tentang materi program
linear ini dan Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru dan mengungkapkan perasaan mereka sebelum proses pembelajaran dimulai (Teknik Identifikasi Perasaan Menggunakan
metode menceritakan tentang data dan fakta manfaat materi elektrolisis)
Kegiatan Inti
Guru memberikan materi ringkas
tentang Menetukan Fungsi
Tujuan pada masing-
masing persamaan/pertidaksamaan dan penyelesaiannya dan. Selanjutnya diminta memahami dan menanggapi.
Langkah-langkah:
1. Guru membagi siswa dalam kegiatan diskusi (Membentuk karakter kepemimpinan siswa)
1.
Meminta murid
untuk memberi tanggapan baik pertanyaan ataupun jawaban terhadap pertanyaan yang muncul dari materi Fungsi Tujuan untuk menentukan nilai maksimum/nilai minimum. (Teknik KSE Kegiatan
Komunikasi Aktif secara berkelompok)
Ø Guru memberi pertanyaan pemantik, berupa: bagaimana
prosedur yang dilakukan untuk menentukan nilai
maksimum/nilai minum pada sebuah soal cerita
Ø Guru memberi
lembar kerja murid yang telah
disematkan di Google Cllasroom
Ø Memberi kesempatan kepada
murid untuk mempresentasikan jawabannya. (Pada tahap ini guru mengajarkan anak tentang kompetensi KSE Pengambilan Keputusan
yang Bertanggung Jawab menggunakan teknik kegiatan diskusi
kelompok )
Ø
Guru memberi penugasan yang dapat diakses di Google Classroom
Ø Guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan
kesiapan belajar murid berupa:
1.
Murid sudah memahami dan mampu
melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami
cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X diberi perlakuan berupa Murid
diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui
kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar,
menentukan himpunan
penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel dan memberi bantuan kepada teman kelas
yang membutuhkan
2.
Murid sudah memahami tetapi belum mampu melakukan operasi
hitung aljabar berupa
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan
Persamaan dan pertidaksamaan pada
materi Kelas X diberi perlakuan berupa Murid diminta untuk menguji pemahaman
mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar,
menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi perlakuan berupa
Murid diberi soal-soal sederhana yang melibatkan persaman
Linear satu variable dan dua
variabel hingga murid mampu
menyelesaikan soal dan lanjut pada tingkatan soal yang lebih tinggi dari sebelumnya.
3.
Murid belum
memahami dan belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan
Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X diberi perlakuan berupa Murid diminta
untuk menguji pemahaman
mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar,
menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi perlakuan berupa
Murid diberi konsep dan bentuk umum persamaan
dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel dan cara menentukan Himpunan Penyelesaian Diminta
mendefinisikan dan menunjukkan hasil yang di peroleh dari persamaan
dan pertidaksamaan yang diberikan.
(DIFERENSIASI PROSES)
Ø
Guru mendiferensiasi pembelajaran dalam memberikan materi dan tugas/ tagihan dengan mempertimbangkan
profil belajar murid, Saat
memberikan materi ataupun proses diskusi: guru menyediakan sumber belajar
berupa modul atau buku teks yang
mereka sudah miliki (menunjukkan halaman berapa materi dimuat), berupa voice
note yang diupload ke grup belajar mereka, kemudian diminta
mendengarkan dan memberi tanggapan
atau pertanyaan, memberikan link YouTube berupa video pembelajran (DIFERENSIASI
KONTEN)
Ø Murid diberi pilihan cara dalam menyelesaikan tugas/ tagihan, apakah
berupa
tulisan yang mereka upload
dalam bentuk pdf, video, PPT atau berupa infografis bagi mereka yang
menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian
soal, atau berupa video rekaman
penjelasan soal yang mereka selesaikan dan diupload ke youtube. (DIFERENSIASI PRODUK)
Kegiatan Penutup
●
Guru memberikan umpan balik kepada murid.
● Guru meminta mereka membuka materi sesuai dengan
kebutuhan mereka
● Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur
rutin (salam, terima
kasih, doa, dsb)
D.
PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.
Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang Fungsi Tujuan Program
Linear
Keterampilan : Mendemonstrasikan keterampilan
mempresentasikan jawaban sederhana.
Strategi dan Alat Penilaian: Penilaian Sikap
-
Strategi: Observasi
-
Alat: Catatan Anekdot
-
Nama murid |
Waktu Kejadia n |
Uraian Kejadia n |
Positif / Negatif |
Tind ak Lanju t |
Keterangan |
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
-
Strategi: Penugasan
-
Alat: Tugas diupload
di Google Classroom
Murid diberi pilihan cara dalam
menyelesaikan tugas/ tagihan mereka terkait tujuan pembelajaran. Mereka dapat memilih bentuk tagihan apakah
berupa tulisan yang mereka upload
dalam bentuk pdf, atau berupa infografis bagi mereka yang menyukai dan berbakat
dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekaman suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka
selesaikan.
Mengetahui, |
Bengkulu, ..... September
2022 |
Kepala Sekolah |
Guru Mata Pelajaran |
Eka Saputra, M.Pd NIP. 197205172001031001 |
Sherlywaty, M.Pd NIP. 198405112010012017 |
PETUNJUK
PENGGUNAAN LKPD
1.
Bacalah materi pada modul sebelum mengerjakan LKPD. Kalian dapat mencari informasi pada berbagai sumber di youtube
2.
Lengkapi LKPD ini dengan mengisi pada bagian yang kosong.
3.
Isilah identitas
kalian di setiap halaman LKPD di tempat yang telah disediakan.
4.
Hal yang membingungkan dapat didiskusikan pada forum diskusi
di
5.
Setelah lengkap dan di diskusikan bersama, LKPD ini difoto dan dikirim ke Google Classroom sesuai tanggal
dan waktu yang ditentukan.
Materi
: Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Waktu : 2
Jam Pelajaran
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI KETERAMPILAN |
3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual. |
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan program
linear dua variabel. |
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan aktivitas
pada LKPD ini, peserta
didik diharapkan mampu:
1. Menentukan penyelesaian PtLDV dengan metode uji titik dan melihat
tanda ketidaksamaan dengan tepat.
2. Menyusun PtLDV
dari suatu daerah
penyelesaian dengan tepat.
Perhatikanlah contoh
– conto PtLDV berikut
a.
Apakah
setiap pertidaaksamaan memiliki
dua variabel? jelaskan
b.
Apakah
setiap variabel memiliki
pangkatsatu? Jelaskan
c. Berdasarkan pertanyaan a dan b jelaskan apa yang dimaksud dengan
pertidaksamaan linear dua variabel?
Lakukan langkah – langkah
menentukan daerah penyelesaian PtLDV 𝑥 + 3𝑦 > 6
berikut. a. Gambarlah garis pembatas 𝑥 + 3𝑦 = 6 pada bidang kartesius. Perhatikan kembali aturan menggambar garis pembatas pada modul yang
telah diberikan.
b.
Pilih sebarang
titik (𝑥1 , 𝑦1) di luar garis
pembatas sebagai titik uji.
c. Substitusikan titik (𝑥1 , 𝑦1) ke pertidaksamaan 𝑥 + 3𝑦 > 6 . Jika 𝑥1 + 3𝑦1 > 6 bernilai benar, daerah penyelesaian adalah daerah
yang memuat titik tersebut.
Jika 𝑥1 + 3𝑦1 > 6 bernilai salah,
daerah penyelesaian adalah
daerah yang tidak memuat
titik tersebut.
d. Arsilah
Daerah penyelesaian tersebut.
Jawaban.
Ayo berlatih
SELAMAT BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT
Kegiatan belajar / no. soal |
Bobot Nilai |
KB 1 /
no . a |
10 |
KB 1 /
no . b |
10 |
KB 1 /
no . c |
10 |
KB 2 |
20 |
KB 3 |
30 |
Total Nilai |
80 |
Bubuhkan angka
1,2,3, atau 4 pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No |
Nama |
Keterampilan |
Jumlah Skor |
|||
Isian Indikator yang dinilai |
||||||
|
|
TT |
KT |
T |
ST |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
Aspek Penilaian |
Skor |
Tidak Terampil (TT), jika siswa hanya 25 % dapat menggunakan konsep
pertidaksamaan linear dua variabel dalam
menyelesaian soal |
1 |
Kurang Terampil (KT), jika siswa hanya 50% dapat menggunakan konsep pertidaksamaan linear dua variabel dalam menyelesaian soal |
2 |
Terampil (T), jika siswa hanya 75% dapat menggunakan konsep
pertidaksamaan linear dua variabel dalam menyelesaian soal |
3 |
Sangat Terampil (ST),
jika
siswa 100% dapat
menggunakan konsep pertidaksamaan linear dua variabel dalam
menyelesaian soal |
4 |
Skor Penilaian Ketrampilan
Skor |
Hasil Pengamatan |
Nilai |
Predikat |
4 |
SangatTerampil (ST) |
80 – 100 |
Sangat baik |
3 |
KurangTerampil (KT) |
75 – 79 |
Baik |
2 |
KurangTerampil (KT) |
60 – 74 |
Cukup |
1 |
TidakTerampil (TT) |
Kurang dari 60 |
Kurang |
Materi
: Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Waktu : 2 Jam Pelajaran
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI KETERAMPILAN |
3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual. |
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan program
linear dua variabel. |
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan aktivitas
pada LKPD ini, peserta
didik diharapkan mampu:
1. Menentukan daerah
penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
dengan metode uji titik atau melihat tanda ketidaksamaan.
Perhatikanlah contoh
– contoh SPtLDV
berikut
𝑥 + 𝑦 < 2
a.
b.
𝑥 − 2𝑦 ≥ 4
3𝑥 + 𝑦 ≤ 4
𝑥 − 4𝑦 < 8
𝑥 ≥ 2
1.
Apakah setiap SPtLDV
terdiri atas dua atau lebih PtLDV?
2.
Apakah variabel pada setiap PtLDV sama ?
3.
Berdasarkan pertanyaan no 1 dan 2, jelaskan
apa yang dimaksud
dengan SPtLDV
Ayo berlatih
Dengan mengingat kembali
cara menentukan suatu pertidaksamaan dari suatu daerah, Lengkapilah penyelesaian di bawah ini.
60 = 6𝑥 + 10𝑦
Perhatikan
daerah penyelesaian, ambil sebarang titik (0,0) pada DP Substitusikan ke 6𝑥 + 10𝑦 … .60
6(0) + 10(0) … .60
0 … .60
𝑏𝑢𝑎𝑡 𝑝𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑡𝑎𝑎𝑛 𝑎𝑔𝑎𝑟 𝑏𝑒𝑟𝑛𝑏𝑏𝑙𝑎𝑏𝑏 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟
pertidaksamaan linearnya adalah……
Persamaan garis l
Persamaan garis melalui 2
titik = 𝑦−𝑦1
𝑦2−𝑦1
= 𝑥−𝑥1
𝑥2−𝑥1
𝑦−0
−4−⋯
= 𝑥−2
…−2
𝑦 = 𝑥−2
−4 −2
… 𝑦 = −4(𝑥 − 2)
−2𝑦 = −4𝑥 + ⋯
4𝑥 − 2𝑦 = ⋯
Perhatikan
daerah penyelesaian, ambil sebarang titik (0,0) pada DP Substitusikan ke 4𝑥 − 2𝑦 … 8
4(0) − 2(0) … .8
0 … .8
𝑏𝑢𝑎𝑡 𝑝𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑡𝑎𝑎𝑛 𝑎𝑔𝑎𝑟 𝑏𝑒𝑟𝑛𝑏𝑏𝑙𝑎𝑏𝑏 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟
pertidaksamaan linearnya adalah……
Jadi sistem pertidaksamaan linearnya adalah….
𝑥 ≥ 0 , 𝑦 ≥ 0
SELAMAT BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT
Kegiatan belajar / no. soal |
Bobot Nilai |
KB 1 /
no . 1 |
10 |
KB 1 /
no . 2 |
10 |
KB 1 /
no . 3 |
10 |
KB 2 |
20 |
KB 3 |
30 |
Total Nilai |
80 |
Bubuhkan angka
1,2,3, atau 4 pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No |
Nama |
Keterampilan |
Jumlah Skor |
|||
Isian Indikator yang dinilai |
||||||
|
|
TT |
KT |
T |
ST |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
Aspek Penilaian |
Skor |
Tidak Terampil (TT), jika siswa hanya 25 % dapat
menggunakan konsep SPtLDV dalam menyelesaian soal |
1 |
Kurang Terampil (KT), jika siswa hanya 50% dapat menggunakan konsep SPtLDV dalam
menyelesaian soal |
2 |
Terampil (T),
jika siswa hanya
75% dapat menggunakan konsep SPtLDV menyelesaian soal |
3 |
Sangat Terampil (ST), jika siswa
100% dapat menggunakan konsep SPtLDV dalam
menyelesaian soal |
4 |
Skor Penilaian Ketrampilan
Skor |
Hasil Pengamatan |
Nilai |
Predikat |
4 |
SangatTerampil (ST) |
80 – 100 |
Sangat baik |
3 |
KurangTerampil (KT) |
75 – 79 |
Baik |
2 |
KurangTerampil (KT) |
60 – 74 |
Cukup |
1 |
TidakTerampil (TT) |
Kurang dari 60 |
Kurang |
Materi : Program Linear Waktu : 2 Jam Pelajaran
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI KETERAMPILAN |
3.2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual. |
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan program
linear dua variabel. |
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan aktivitas
pada LKPD ini, peserta
didik diharapkan mampu:
1.
Membuat model
matematika dari suatu permasalahan.
2.
Menentukan nilai
optimum .
Pertanyaan.
a.
Apa yang dapat kalian ketahui dari permasalah di atas?
b. Bagaimana langkah
menyelesaikan permasalah tersebut?
c.
Apa yang dimaksud dengan model matematika dan fungsi tujuan?
Selesaikan permasalahan di atas dengan mengisi langkah
– langkah berikut
Model matematikanya Misal:
Model pertama =… Model kedua = ….
Pertidaksamaan untuk
kain wol = …… Pertidaksamaan unuk kain satin = ….
𝑥 ≥ 0
𝑦 ≥ 0
Persamaan Nilai Optimumnya = …
Langkah – langkah menggambar daerah penyelesaiannya
SELAMAT BELAJAR
DAN TETAP SEMANGAT
Kegiatan belajar / no. soal |
Bobot Nilai |
KB 1 /
no . a |
10 |
KB 1 /
no . b |
10 |
KB 1 /
no . c |
10 |
KB 2 |
50 |
Total Nilai |
80 |
Bubuhkan angka
1,2,3, atau 4 pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No |
Nama |
Keterampilan |
Jumlah Skor |
|||
Isian Indikator yang dinilai |
||||||
|
|
TT |
KT |
T |
ST |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
Aspek Penilaian |
Skor |
Tidak Terampil (TT), jika siswa hanya 25 % dapat menggunakan konsep program linear
dalam menyelesaian soal |
1 |
Kurang Terampil (KT),
jika siswa hanya
50% dapat menggunakan konsep program linear
dalam menyelesaian soal |
2 |
Terampil (T), jika siswa hanya
75% dapat menggunakan konsep program linear
menyelesaian soal |
3 |
Sangat Terampil (ST), jika siswa
100% dapat menggunakan konsep program linear
dalam menyelesaian soal |
4 |
Skor Penilaian Ketrampilan
Skor |
Hasil Pengamatan |
Nilai |
Predikat |
4 |
SangatTerampil (ST) |
80 – 100 |
Sangat baik |
3 |
KurangTerampil (KT) |
75 – 79 |
Baik |
2 |
KurangTerampil (KT) |
60 – 74 |
Cukup |
1 |
TidakTerampil (TT) |
Kurang dari 60 |
Kurang |
PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR
(SISWA/I KELAS XI MIPA 5)
A.
Berdasarkan kesiapan belajar
Tujuan Pembelajaran: murid dapat Menentukan nilai fungsi tujuan
masing-masing koordinat titik sudut daerah layak/penyelesaian
Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan
Belajar Murid
Kesiapan belajar (Readine ss) |
Murid sudah
memahami dan mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas
X |
Murid sudah
memahami tetapi belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X |
Murid belum memahami
dan belum mampu melakukan operasi hitung aljabar berupa
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sederhana, ,murid juga sudah memahami cara penyelesaiakan Persamaan dan pertidaksamaan pada materi Kelas X |
Nama Murid |
|
|
|
Proses |
Murid diminta untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear
dua
variabel dan memberi bantuan kepada teman kelas yang membutuhkan |
Murid diminta untuk menguji
pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman
linear dua variabel diberi
perlakuan berupa Murid diberi soal-soal sederhana yang melibatkan
persaman Linear satu variable dan dua variabel
hingga murid mampu menyelesaikan soal dan lanjut pada tingkatan soal yang lebh tinggi
dari sebelumnya |
Murid diminta
untuk menguji pemahaman mereka melalui kuis soal berjenjang tentang operasi aljabar, menentukan himpunan penyelesaian pada Persamaan / pertidaksaman linear dua variabel diberi
perlakuan berupa Murid
diberi konsep dan bentuk umum persamaan dan pertidaksamaan LDV dan cara menentukan HP |
B.
Berdasarkan Gaya Belajar
C. Tujuan Pembelajaran
: murid dapat Menentukan nilai fungsi tujuan
masing- masing koordinat titik sudut daerah layak/penyelesaian
Tabel 2. Pemetaan
Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Murid
Profil Belaja r Murid |
Sumber belajar, tagihan berupa Teks, gambar (Visual) |
Sumber belajar, tagihan berupa Voice
note,rekaman (Audio) |
Sumber belajar, tagihan berupa Rekaman Video, Video Conference |
Nama Murid |
|
|
|
Proses |
Saat memberikan materi |
Saat memberikan |
Saat memberikan |
|
ataupun proses diskusi, |
materi ataupun
proses |
materi ataupun
proses |
|
guru menyediakan |
diskusi, guru memberi |
diskusi, guru |
|
sumber belajar
berupa modul dan buku teks |
Penjelasan lalu meminta siswa memberikan tanggapan
atau pertanyaan |
memberikan link youtube. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Produk |
Murid diberi pilihan cara
dalam menyelesaikan tugas/
tagihan mereka terkait tujuan pembelajaran. Mereka
dapat memilih bentuk tagihan apakah berupa
tulisan yang mereka upload
dalam bentuk pdf, atau berupa infografis bagi mereka yang
menyukai dan berbakat dalam membuat presentasi, berupa voice note atau rekama
suara mereka menjelaskan penyelesaian soal, atau
berupa video rekaman penjelasan soal yang mereka selesaikan. |
Mengetahui, |
Bengkulu, ..... September 2022 |
Kepala Sekolah |
Guru Mata Pelajaran |
Eka Saputra, M.Pd NIP. 197205172001031001 |
Sherlywaty, M.Pd NIP.
198405112010012017 |
0 Response to "RPP Berdiferensiasi dan Ber-KSE"
Posting Komentar