SHERLYWATY SMA N 5 KOTA BENGKULU

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DAN PEMBATIK KEMDIKBUDRISTEK

SAHABAT RUMAH BELAJAR KOTA BENGKULU LEVEL 4 TAHUN 2022

https://drive.google.com/file/d/1PLdLhgse_Z1CRvQwssCxD854208d2gUf/view?usp=share_link

Jurnal Refleksi Dwi MIngguan 1 Filosofi KHD

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN Oleh : SHERLYWATY, M.Pd Calon Guru Penggerak SMA N 5 Kota Bengkulu Angkatan Ke-5 Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 1 ini saya menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1. Facts (Peristiwa) • Pada bulan April diumumkanlah calon-calon guru penggerak yang berhasil lulus untuk ikut pendidikan calon guru penggerak Angkatan ke-V dan alhamdulillah dari sekolah saya ada 3 orang yang lulus dan saya salah satunya. Saya cukup bangga dikarenakan dengan perjuangan yang cukup Panjang akhirnya saya bisa lulus dan mengikuti Pendidikan calon guru penggerak Angkatan ke-V. • Rabu, 18 Mei pembukaan Pendidikan calon guru penggerak Angkatan ke-V melalui youtube karena Room terbatas untuk mengikuti gmeet. Saya begitu antusias dan bersemangat menonton dan mendengarkan selama pembukaan. • Kamis, 19 mei 2022 pembelajaran awal dimulai dengan kami Pre-Test dan beberapa tugas di LMS yang harus diselesaikan. Pada saat menyelesaikan tugas-tugas di LMS pada hari pertama ini saya begitu kesulitan mengetahui mana-mana tugas yang harus diselesaikan malam ini juga, saya termasuk yang paling malas untuk membuka HP kalua sudah di rumah, tapi hari pertama ini saya selalu memantau grup WA untuk mengetahui tugas-tugas yang harus diselesaikan, alhasil untuk hari pertama ini saya menyelesaiakn semua tugas di LMS pada pukul 02.30 pagi. Meskipun Cuma bisa tidur beberapa jam tetapi saya begitu bersemangat dikarenakan jumat pagi nya diadakan Lokakarya Orientasi di Hotel Mercur. • Jumat, 20 Mei 2022 bertempat di Hotel Mercure Bengkulu dilaksanakan pembukaan lokakarya orientasi, pemaparan tentang pendidikan guru penggerak Angkatan V, kemudian peserta CGP di bagi kedalam 8 kelompok yang terdiri dari 2 Fasilitator dan 8 Pengajar Praktik. • Sabtu, 21 Mei 2022, kami Diskusi di Ruang Virtual yang dipandu oleh Fasilitator, pertama kali melihat secara langsung Fasilitator kami Ibu FITRIA NOVITA, S.Pd., M.Pd dan alhamdulillah kami mendapatkan Fasilitator yang begitu baik dan perhatian serta begitu sabar membimbing kami, bahkan saya pernah menelpon langsung untuk bertanya mengenai tugas yang harus dikerjakan di LMS dan bu Tia begitu sabar dan detail menjelaskan kepada saya. Bu Tia juga selalu rajin setiap pagi memberitahukan tugas-tugas kami setiap harinya, dia juga rajin mengingatkan serta memberi kami motivasi dan penguatan. PP kami Bu Titi Sumarni juga sangat sabar dan baik membimbing kami, terlihat pada saat pemberian materi pada pertemuan lokakarya orientasi. • Dimulai dari kamis 19 mei 2022 saya mulai tidur larut malam dikarenakan harus mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang ada di LMS, bukan hanya tugas-tugas di LMS tapi kami juga diskusi di ruang virtual dan melakukan aksi demonstrasi. • Secara keseluruhan rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak yang saya alami selama hampir dua minggu ini : Pertama, mulai dari diri. Refleksi diri tentang pemikiran KHD dengan mengamati video dan membaca tulisan KHD, Kedua, Ekplorasi konsep, Refleksi diri tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara, ketiga, Ruang Kolaborasi (Vicon), kegiatan video confrensi dan tanya jawab untuk mendesain kerangka pembelajaran sesuai pemikiran KHD dalam bentuk rekaman audio atau video, Keempat, Refleksi Terbimbing, Melakukan refleksi setelah mempelajari pemikiran KHD, Kelima, Demontrasi kontekstual, Menuangkan pemikiran KHD dalam bentuk karya puisi, lagu, komik, poster, infografis dan pada saat penugasan ini saya membuat infografis tentang pemikiran KHD dengan menggunakan Canva, dan yang sekarang malam ini yang sedang saya kerjakan adalah membuat jurnal refleksi mingguan. 2. Feelings (Perasaan) • Setelah mengikuti rangkaian kegiatan CGP di LMS selama hampir dua minggu ini, saya merasa bahwa pengetahuan saya selama ini tentang pendidikan tidak sesuai dengan tujuan KHD. Satu hal yang paling mendasar bahwa pendidikan harus berhamba pada anak, sehingga peserta didik dapat mencapai kodrat alam sesuai dengan keinginan mereka. • Perasaan yang saya rasakan juga selama mengikuti PGP ini adalah Lelah, takut, semangat dan senang. Lelah dikarenakan tugas-tugas di LMS yang begitu banyak sedangkan waktu yang bisa saya gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini hanya pada saat di rumah lepas mahrib sehingga saya sering tidur larut malam. Takut saya tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu dan saya juga berfikir apakah saya sanggup untuk mengikuti PGP ini selama 24 minggu dan ini baru minggu kedua tetapi alhamdulillah dengan mengetahui begitu banyak tugas yang harus dikerjakan dan diselesaikan saya menjadi orang yang lebih bisa memanajemen waktu dengan baik. Semangat Ketika mendengarkan penjelasan dari fasilitator dan PP pada saat di ruang diskusi virtual serta melihat bu tia dan bu titi yang begitu antusias dan bersemangat membimbing CGP. Senang bertemu dengan orang-orang baru sehingga bisa sharing dan memotivasi diri untuk lebih maju dan mengupgrade ilmu. 3. Findings (Pembelajaran) • Melalui LMS kami belajar banyak hal mengenai pemikiran KHD sehingga dapat memahami lebih dalam tentang filosofi Ki Hajar Dewantara kemudian kami bersama dengan kelompok melanjutkan diskusi dan merefleksikan diri mengenai pemikiran KHD sehingga sangat membantu dalam pemahaman materi yang ada di dalam modul 1.1.a • Dalam kegiatan ruang kolaborasi bersama fasilitator kami bersama-sama mempelajari dan mendalami mengenai pemikiran KHD dan konsep dari Profil Pelajar Pancasila. Manfaat lain yang saya peroleh yaitu dapat berkolaborasi atau bekerja dengan teman sejawat untuk menyelesaikan permasalahan dengan tingkat pola pemikiran dan kemampuan serta jenjang pendidikan yang berbeda untuk menghasilkan karya. • bertambahnya pengetahuan mengenai konsep pendidikan dan pengajaran, semboyan KHD, peran guru menuntun, kodrat alam dan budi pekerti, profil pelajar pancasila, dan merdeka belajar. Selain itu dapat menggunakan aplikasi baru, antara lain Google Drive, Canva dan Google Site serta saya juga belajar cara mengedit video dengan menggunakan aplikasi capcut dan inshot. 4. Future (Penerapan) • Dengan memahami secara utuh filosofi dan pemikiran KHD dari modul yang telah dipelajari pada LMS CGP ini, saya akan berusaha menerapkan merdeka belajar di lingkungan sekolah saya baik kepada peserta didik maupun kolaborasi dengan rekan sejawat disekolah dan masyarakat. • Mengupgade kebiasaan, maksudnya mengubah kebiasaan mengajar yang selama ini saya lakukan dengan cara mengajar tidak hanya menggugurkan kewajiban tetapi harus menciptakan kegiatan mengajar yang dapat menyentuh hati anak, menarik dan atraktif serta inovatif. , menumbuhkan profil pelajar pancasila, dan menggunakan aplikasi yang sudah dikuasai dalam kegiatan pembelajaran. • Untuk minggu selanjutnya saya akan lebih semangat dalam mempelajari materi yang ada di dalam modul serta dari fasilitator.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurnal Refleksi Dwi MIngguan 1 Filosofi KHD "

Posting Komentar